Nusakini.com--Jakarta--Menggelar acara istighosah di masjid dan lapangan itu sudah biasa. Tapi, menjadi suatu yang langka saat istighosah dan doa untuk bangsa digelar di pusat perdagangan alias Mall. Faktanya itulah yang terjadi di Sabtu pagi. Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin menghadiri acara istighosah kubro dan doa untuk keselamatan bangsa yang digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jakarta Barat. Tepatnya, di lantai 5 Ball Room Palm Mall, Cengkareng, Jakarta Barat. Kehadiran Cawapres nomor urut 01 pasangan Ir. Joko Widodo yang datang bersama istri, Wury Estu Handayani, disambut meriah. Ribuan jama’ah tumpah ruah. Ikut hadir bintang Sinetron Jodoh Wasiat Bapak: Adly Fayruz, Angben Rishi, dan Mpok Atie. Ketiganya bertindak sebagai pemandu acara yang membuat para jama’ah begitu sembringah.

“Kami sengaja bikin istighosah di Mall untuk tebar ma’ruf sekaligus mengajak masyarakat untuk senantiasa mengingat Tuhannya. Belakangan, ada yang mengancam Tuhan bila kalah tidak menang Pilpres 2019 akan meninggalkan-Nya. Naudzubillah,” kata KH. Fachrurrozi, Ketua PC NU Jakarta Barat sekaligus Ketua Panitia. “Di manapun kita berada harus senantiasa mengingat Allah. Termasuk di Mall.”

KH. Ma’ruf Amin dalam tausiah kebangsaannya lebih banyak memotivasi para jama’ah. Utamanya, para santriwan dan santriwati yang hadir. “Ke depan, santri harus bisa bersaing. Saat ini sudah banyak santri yang sudah jadi pengusaha. Jadi pejabat, jadi walikota, bupati, dan gubernur. Kini, saya adalah santri yang dicalonkan sebagai Cawapres. Bukan mustahil akan lahir santri yang jadi Presiden seperti Gus Dur dari Jakarta Barat,” kata KH. Ma’ruf Amin. “Untuk bisa bersaing di era 4.0 santri tak hanya harus bisa membaca kitab kuning, tapi juga harus mampu meningkatkan daya saing. Saya bersama Pak Jokowi Insya Allah akan memberikan perhatian khusus kepada santri agar bisa tinggal landas. Bisa berprestasi. Santri Gus Iwan (Santri Bagus Rupawan, Senang Ngaji, dan Usahawan” KH. Ma’ruf Amin menambahkan.

KH. Ma’ruf Amin pun mengingatkan agar masyarakat di musim Pemilu tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Jangan sampai terjadi perpecahan hanya karena beda pilihan. “Urusan memilih Capres Cawapres tentunya nomor satu. Tapi, lebih dari itu semua jangan sampai pemilu membuat masyarakat terkotak-kotak. Tetap jaga ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathoniyah, dan ukhuwah basyariyah. Sekali lagi, memilih itu harus nomor satu,” kata KH. Ma’ruf Amin disambut tepuk tangan lebih dari 1000 jama’ah yang hadir.

Suasana semakin meriah ketika Mpok Atiek bersama Adly Fayruz dan Angben Rishi mempersembahkan lagu untuk KH. Ma’ruf Amin. “Kalau tadi, Veve Zulfikar begitu syahdu menyenandungkan sholawat, saya tentu tidak mau kalah. Saya sudah lebih dulu muda dibandingkan Veve. Jadi, yang saya senandungkan harus lebih semangat,” kata Mpok Atiek sambil mengajak jama’ah yang hadir mengangkat jempol dan bersama-sama menyanyikan gubahan lagu Garuda Di Dada. Jokowi Presidenku, Kiai Ma’ruf Kebanggaanku. Ku yakin Pilpres ini pasti menang. Kobarkan semangatmu, tunjukkan pilihanmu, ku yakin nomor satu pasti menang. “Bila hari ini KH. Ma’ruf hadir di Palm Mall sebagai Cawapres, Insya Allah di kehadirannya berikutnya sudah menjadi Capres Pak Jokowi. Mari kita dukung bersama-sama,” kata Mpok Atie.(R/Rajendra)